Management Event
Event
Organization
Disusun
oleh :
Listyo
Dwi Hermawan (15340230002)
Muhammad
Kamal Hasbi Ghufroni (15340230001)
Merlina
Fitriani (14340230001)
Sulaiman
Bachri Akbar (14340230004)
Dosen
pembimbing :
Dr.
Budi Supriyanto, MM, MSi
Manajemen
Industri Pariwisata dan Perhotelan
Fakultas
Ekonomi
Universitas
Satyagama
2015/2016
Kata pengantar
Dengan menyebut nama
Allah Yang maha pengasih lagi maha penyayang. Kami panjatkan puja dan puji
syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ilmiah
tentang”Event Organization”
Makalah ilmiah ini telah
kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga
dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak
terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan
makalah ini.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari
sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun
tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala
saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah
ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan
manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Hormat Kami
Penulis
Daftar isi
Kata
pengantar …………………………………………………………………………… i
Daftar isi …………………………………………………………………………………… ii
BAB I
Pendahuluan …………………………………………………………………………… 1
a. Latar belakang …………...............…………………........……………………… 1
b. Rumusan masalah ………………………........……...……………………………………… 1
c. tujuan……………………………………………..........…...…………………………………… 1
BAB II
PEMBAHASAN ………………………….………………………………………… 2
1. Pengertian management event …………………............…………...…………………… 2
2. Prinsip dalam membuat event …………………………..........……………………….... 2
3. Dasar pengelolaan event …………………………………………..........………………… 2
4. Perencanaan sebuah event ………………………………………………..........…………… 3
5. Jenis-jenis EO ……………………………………………………………..........……… 3
6. Media, pemasarann dan promosi event ………………………………………….........… 4
7. System kerja event organization ……………….........…………………………………… 4
8. Tahapan penyelenggaraan EO ……………………..........……...……………………… 5
a.
Konsep yang
menarik dan kreatif …………..……..……………………... 5
b.
Proses tahapan
pembuatan event ……………....………………………... 5
c.
Eksekusi event
yang significant …………...…………………………… 6
BAB
III PENUTUP ……………………………………………………………………….. 7
1. Kesimpulan ……………………………………………..........………………………….. 7
2. Saran ………………………………………………………..........……………………….. 7
Daftar
Pustaka ………………………………………………………………………….. 8
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Event Organizer (EO)
adalah istilah untuk
penyedia jasa professional penyelenggaraan acara yang secara sah ditunjuk oleh
clientnya, guna mengorganisasikan seluruh rangkaian acara, mulai dari
perencanaan, Persiapan, eksekusi hingga evaluasi, dalam rangka membantu
mewujudkan tujuan yang diharapkan client dalam membuat acara
Pada
dasarnya, tugas dari EO adalah membantuk cliennya untuk dapat menyelenggarakan
acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan sumber daya atau waktu
yang dimiliki client, namun penggunaan jasa EO juga dimungkinkan dengan alasan
agar penyelenggaraannya professional sehingga hasilnya lebih bagus dari pada bila
dikerjakan sendiri.
Event
Organizer (EO) sebagai
penyelenggara perhelatan atau kegiatan apapun bentuknya, memerlukan suatu kemampuan
managemen penyelenggaraan event yang profesional.
B. Rumusan Masalah
Apa saja yang
terdapat dalam dunia EO, dan apa saja yang berkaitan dengan EO ?
C. Tujuan
Memberikan
penjelasan tentang dunia EO, dan berbagai hal yang berkaitan dengan EO
BAB II PEMBAHASAN
1.
Pengertian Event Management
Event
management dapat didefinisikan sebagai mengorganisir sebuah event yang dikelola
secara professional, sistematis, efisien dan efektif yang kegiatannya meliputi dari konsep (perencanaan)
sampai dengan pelaksanaan hingga pengawasan. Dalam event management,
semua orang harus bekerja keras dengan visi yang sama untuk menghasilkan event
yang sesuai dengan harapan. Sangatlah diperlukan kekompakan pada setiap orang
yang terlibat dalam tim. Dengan kata lain, Event organizer berati tidak hanya
satu orang yang merasa dirinya paling hebat dalam menjalankan tugas tapi
semuanya saling bergantung satu sama lain. Pada
dasarnya, tugas dari EO. adalah membantu kliennya (client) untuk dapat
menyelenggarakan acara yang diinginkan. Bisa jadi hal ini karena keterbatasan
sumber daya atau waktu yang dimiliki klien, namun penggunaan jasa EO. juga
dimungkinkan dengan alasan agar penyelenggaraannya profesional sehingga
hasilnya lebih bagus daripada bila dikerjakan sendiri.
Menurut
buku, "EO, 7 Langkah Jitu Membangun Bisnis Event Organizer" ditulis
oleh professional Event Organizer, Yudhi Megananda, EO dalam konteks sebagai
sebuah bisnis memiliki definisi sebagai berikut : Usaha dalam bidang jasa
yang secara sah ditunjuk oleh clientnya, guna mengorganisasikan seluruh
rangkaian acara, mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi,
dalam rangka membantu mewujudkan tujuan yang diharapkan client dengan membuat
acara.
Menurut Scott
M. Cutlip, Allen H. Center & Glen M. Broom (٢٠٠٦:٦)
Mengatakan
bahwa fungsi manajemen ialah membangun dan mempertahankan hubungan yang baik
dan bermanfaat antara organisasi dengan publik yang mempengaruhi kesuksesan
atau kegagalan dari organisasi tersebut. Definisi ini juga mengidentifikasi
pembentukan dan pemeliharaan hubungan baik yang saling menguntungkan antara
organisasi dengan public sebagai basis moral danetis.
2.
Prinsip dalam membuat event (5W +1H)
o Why : alasan
event tersebut dibuat
o What : apa
bentuk dari event tersebut
o Where : dimana
event tersebut diilaksanakan
o When : kapan
dan berapa lama event utersebut dilaksanakan
o Who : siapa
yang akan terlibat dalam event tersebut
o How :
bagaimmana cara untuk melaksanakannya
3.
Dasar Pengelolaan event
o Menjalakan ide yang diwujudkan kedalam konsep event.
o Konsep itu harus dapat ditanyakan dan mampu
dijalankan dengan baik.
o Konsep tersebut harus dapat diterima oleh semua
pihak yang terlibat.
4.
Perencanaan sebuah event
o Perlu melakukan penelitian awal mengenai kelayakan
suatu event termasuk dalam mengenai besarnya anggaran dann minat masyarakat
mengenai event tersebut.
o Sesuai target konsummen dari event yang digelar dan
mampu berinteraksi dengan audience
o Harus dapat menciptakan experience
o Berbasis kreativitas, innovasi dan original
5.
Jenis-jenis Event Organizer
Dilihat dari jenis
acara yang diadakan, E.O. dapat dikategorikan menjadi:
o
One Stop Service Agency: E.O. besar yang
mampu menyelenggarakan berbagai jenis acara hingga skala internasional
sekalipun.
o
MICE : Kependekan dari Meeting,
Incentive, Convention, Exhibition). E.O. yang khusus bergerak di bidang
penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan.
o
Brand Activation ; adalah EO yang
secara spesifik membantu client-nya untuk mempromosikan dalam rangka
peningkatan penjualan, peningkatan pengenalan merk di kalangan konsumen, dengan
berinteraksi langsung ke target marketnya.
o
Musik dan Hiburan: E.O. yang memiliki
spesialisasi di bidang hiburan terutama musik.
o
Penyelenggara Pernikahan: E.O. yang
mengkhususkan diri membantu klien mengadakan pesta pernikahan.
o
Penyelenggara Ulang Tahun: E.O. yang
ahli membuat pesta ulang tahun termasuk untuk anak-anak.
o
Penyelenggara Pribadi: E.O. khusus yang
bergerak untuk penyelenggaraan pesta pribadi terutama bagi orang kaya.
o
Komunitas Event Organizer Indonesia,
media promosi event untuk event dan bermacam acara.
6.
Media, pemasaran
dan promosi event
Kemampuan
untuk melobi dan bernegosiasi dengan para sponsorship atau peserta dari event
tersebut. Tentu saja orang yang tergabunng dalam tim inni dapat dan mampu
menjelaskan latar belakang dari event yang akan dilaksanakan dan juga benefit
yang akan di peroleh dari keikut sertaan mereka dalam event tersebut. Selain
itu tim pemasaran event juga dapat memberikan bahan pertimbangan atau masukan
yang positif pada para costumer bila terjadi keragu-raguan.
Media
promosi untuk sebuah event
o Above the line (media cetak dan elektroik termasuk
didalamnya dengan menggunakan jaringan internet)
o Bellow the lne (brosur, leaflet, spanduk, banner,
promo disuatu acara atau event yang berbeda, dsb)
o Bekerja sama dengan organisasi pemerintahan dan
organisasi kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan atau bisa juga dengann
asosiasi profesi yang memiliki sejumlah anggota yang ddapat berperan sebagai
alat promosi event tersebut/
7.
Sistemm kerja Event Organization (EO)
Begitu luasnya lingkup kerja EO, sebenarnya dapat menjadi suatu
alternatif profesi yang dapat menampung banyak tenaga kerja. Cara kerja EO
mempunyai sistem pokok kerja yang sama dengan sistem kerja pada bidang
pekerjaan yang lain. Perbedaan hanya pada tingkat klasifikasi program tersebut
yang dapat diukur dari cakupan wilayah kerja program, beban kerja, dana anggaran
dan SDM yang terlibat. Adapun sistem kerja EO sebagai berikut :
Posisi EO di antara 5 P
Penting untuk dimengerti dimana letak
posisi EO berada. Karena ini menyangkut lingkup tanggung jawab yang melekat dan
menyertainya. Urutan posisi para pihak yang sesuai dengan lingkup wilayah kerja
dan tanggung jawab adalah sebagai berikut :
1.
Penyandang
dana. Ini dapat berupa sponsor atau instansi/perusahaan yang mempunyai ‘hajat’
dalam istilah sederhana adalah pihak yang mengeluarkan dana untuk pelaksanaan
suatu program.
2.
Pelaksana. Disinilah posisi
dan peran EO yang sesungguhnya. Pelaksana harus bekerja keras untuk mewujudkan
impian dan kepuasan semua pihak. Karena menjadi pusat dari seluruh pihak yang
ada, maka pelaksana memiliki posisi yang sangat vital dan strategis.
3.
Penampil. Penampil ini salah
satu kunci daya tarik suatu program. Semua jenis program sangat tergantung pada
para penampilnya. Contoh: kompetisi sepakbola tingkat regional, bila tidak
diikuti oleh kesebelasan top, kurang mempunyai daya tarik.
4.
Penonton. Apapun program eventnya,
faktor kehadiran penonton/tamu akan menjadi sangat penting. Baik membayar atau
gratis, pesta kecil dirumah sampai dengan tingkat lomba formula satu, faktor
penonton adalah salah satu tolak ukur kesuksesan event.
5.
Pengamat. Ini biasanya dari
kalangan pers, atau justru kawan-kawan kita
sendiri, atau siapapun yang memperoleh informasi tentang event yang kita laksanakan. Para pengamat
6.
atau orang luar mempunyai pengaruh
sebagai humas atau public
relation(PR) kita secara tak lansung.
7.
Penonton. Apapun program eventnya,
faktor kehadiran penonton/tamu akan menjadi sangat penting. Baik membayar atau
gratis, pesta kecil dirumah sampai dengan tingkat lomba formula satu, faktor
penonton adalah salah satu tolak ukur kesuksesan event.
Posisi diatas disebut sebagai UNSUR 5-P. kelima unsur itu harus PUAS,
yang bisa tercapai berkat kerja keras UNSUR P ke 2, yaitu pelaksana yang EO.
Ilmu EO tidak semata-mata dapat kita peroleh di bangku-bangku sekolah, kursus
atau kuliah. Ia adalah ilmu lapangan, yang dapat diperoleh dengan praktek
lansung di lapangan. Walaupun tergolong ilmu lapangan, tetapi juga perlu
didasari dengan prinsip berpikir metodologi dan manajerial professional. Tanpa
didasari hal tersebut hasilnya tentu kurang memuaskan.
8.
Tahapan Menyelenggarakan Event
Untuk mewujudkan kesuksesan sebuah event merupakan
sebuah kerja keras yang membutuhkan konsep yang jelas dan terarah. Di bawah ini
beberapa tahapan strategis dalam menyelenggarakan sebuah event:
o Konsep yang menarik dan kreatif
o Proses tahapan pembuatan event
o Eksekusi event yang significant
a)
Konsep Yang
Menarik Dan Kreatif
Dalam rencana pembuatan konsep event, kita harus
kritis dengan apa yang sedang marak di lingkungan kita, baik lokal, nasional,
maupun global (update). Setelah tema tercipta, maka kita harus memberikan
perbedaan dalam konsep tersebut dari event organizer yang lain. Kita harus
berani melakukan eksperimen dalam pembuatan konsep yang berbeda, bahkan jika
perlu sesuatu yang belum pernah di bayangkan orang.
“Jelas itu sangat penting, karena itulah sebuah EO
harus memiliki ide-ide kreatif. Kita tidak ingin membuat suatu acara hanya
sebatas acara biasa. Tetapi alangkah baiknya jika acara tersebut dapat membuat
kenangan tersendiri. Dari konsep inilah semua rancangan acara akan kita buat,”
(Williem Hasli, Direktur Apple Advertising & Event Organizer).
b)
Proses Tahapan
Pembuatan Event
1)
Mencari konsep
yang kreatif.
2)
Menuangkan
konsep dalam suatu rancangan tertulis.
3)
Membentuk tim untuk
event yang akan di selenggarakan.
4)
Membicarakan
konsep dengan tim dan membuat skema aturan mainnya (Kerangka Pikiran), kemudian
menyusunnya dalam bentuk proposal.
5)
Menentukan
pihak-pihak yang akan terlibat dalam event tersebut, dan membuat daftar tujuan
proposal.
6)
Menyebarluaskan
proposal, dengan cara yang tepat.
7)
Melakukan follow
up terhadap proposal, dan memberikan batas waktu kepada calon sponsor.
8)
Menghubungi
seluruh supplier, pengisi acara, reconfirm venue dan seluruh atribut pendukung
lainnya. Seperti, perijinan, keamanan dll.
9)
Melakukan
kontrak kepada semua pihak
10) Melakukan technical meeting dengan seluruh
pengisi/pendukung acara
11) Jika diperlukan melakukan konferensi pers
12) Melakukan publikasi
13) Merekruit sesuai dengan kebutuhan
14) Siap melakukan loading dan akhirnya eksekusi
c)
Eksekusi Event
Yang Significant
1)
Pemilihan
orang-orang yang berpotensi dan sesuai dengan posisi yang akan dilakukan di
event tersebut, misal; stage manager, seksi perlengkapan, seksi dokumentasi,
seksi konsumsi, dll..
2)
Pemilihan
supplier yang significant dan berkualitas, baik dalam hal perlengkapan,
konsumsi, dll.
3)
Membuat rundown
acara yang tidak boleh ada putusnya, tetap mengalir (padat).
4)
Tepat waktu.
5)
Konsep event
harus sesuai dengan apa yang telah dipresentasikan awal kepada klien.
6)
Sesering mungkin
meng-announce produk klien kepada audience, atau ucapan terima kasih.
7)
Menjaga keamanan
dan ketertiban event sehingga tidak menelan korban jiwa atau sejenisnya.
8)
Hasil acara
diliput di media cetak / elektronik
BAB III PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Dalam bisnis Event
Organizer yang terpenting adalah bukti
akan kemampuan melayani orang lain dari pada nama yang dibangun melalui biaya
iklan. Dengan demikian berarti harus melalui proses bertahap. Konsistensi &
persistent adalah kata yang tepat dalam memasarkan sebuah Event Organizer.
Semoga dengan tersusunnya
makalah ini dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan kita tentang
bagaimana terjun di bidang event organizer, lebih jauhnya penyusun berharap
dengan memahami Event Organizer kita semua dapat memahami membangun sebuah
event organizer.
B.
SARAN / MASUKAN
DAFTAR PUSTAKA
Rental partisi pameran,sewa partisi pameran, Rak display, booth display
BalasHapusBackdrop, panel Foto rangka R8, partisi pameran R8, kebutuhan Event organizer dan kebutuhan perlengkapan pameran
Office: Jl Boulevard Raya Ruko Star of Asia NO 99 taman ubud Lippo Village
Work shop : JL Cendana raya No 15 A Hartkit tangerang
087808890027/ 081316140397
https://partisipameran.weebly.com/
http://goodnewscontractor.blogspot.com/
http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.com/
https://partisipameran.weebly.com/
http://goodnewscontractor.blogspot.com/
http://www.sewapartisipameran.com/
https://medium.com/@rinamarinade12/sewa-panel-photo-081316140397-dc7f53f14d03
http://gntechnologiescontractor.blogspot.com/
http://www.jualblower.com/
http://huruftimbultangerang.blogspot.com/
http://www.huruftimbultangerang.com/
it was so good to see...Nice collection from your site. it was the best wedding planner & event organizers in Hyderabad.
BalasHapusEvent Organisers in Hyderabad
Event Planners in Hyderabad
Birthday Event Organisers in Hyderabad
Wedding Planners in Hyderabad
Event Organizers in Hyderabad
Sea' ORGANIZER
BalasHapuscontact person :
ETRIF FADHIIL HILMI SETIAWAN
Line : hilmi_setia
WA : 081298928598
IG : etriffadhiilhilmi
PENYEWAAN :
- sound system (plus alat band bisa)
- lighting
- Rigging
- Efek Panggung
- Tenda Bazzar (sarnafil/kerucut)
- Tenda Hajatan + Dekor
- Artis Management
- Talent
- Host / MC (wedding bisa)
PAKET LOGISTIK ACARA PENSI DLL.
harga paket logistik mulai dari Rp.5.000.000 - Rp.30.000.000++ siap melayani anda.
*satuan pun bisa
Terimakasih untuk informasinya ya, bermanfaat banget.
BalasHapusOh ya, sekedar nambahin informasi aja nih. Bagi yang membutuhkan Rental Misty Fan untuk keperluan berbagai acara seperti konser, pernikahan, meetup, atau lainnya bisa coba hubungi kami Arthur Teknik. Dengan senang hati, kami akan siap membantu Anda.
Terimakasih lagi min,
Salam blogger.
izin copas
BalasHapusNice Blog, Numpang Promo ya Gan
BalasHapusSewa TV Plasma Bandung
Sewa LED Screen Bandung
Sewa Videotron Bandung
Sewa TV LED Bandung
If you are looking for function venues in Perth, then your free to visit our website for more information.
BalasHapus